Senin, 28 November 2011

software multimedia



Software Multimedia

Software multimedia yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat saja sampai dengan membuat dan mengeditnya. Software ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk berimajinasi, karena sebagian perangkat-perangkat yang ada memungkinkan kita untuk memiliki daya kreatifitas yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh software yang digunakan untuk multimedia.

1. Media Player
            Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio maupun video. Software jenis ini berguna untuk menampilkan berbagai informasi jenis audio maupun video yang akan diputar sesuai dengan penggunanya. Adapun jenis-jenis media player, antara lain :

A.    Windows Media Player
Bersifat komersil dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Software jenis ini ikit dalam paket Microsoft Windows. Windows media player biasanya digunakan untuk mendengarkan music dan memutar video, tetapi manfaat dari windows media player bukan itu saja, perangkat ini juga dapat menghubungkan kita ke berbagai stasiun radio internet yang nantinya bisa mendengarkan video streaming. Dengan begitu kita bisa terus mengupdate lagu-lagu atau video-video terbaru yang ada di internet serta dapat mengunduhnya.

B.     Winamp
Bersifat freeware/komersil dan diproduksi oleh Nullsoft inc. Winamp pertama akali ditemukan oleh Justin Frankel sekitar tahun 1996.  Perangkat jenis ini juga berguna untuk memutarkan video,  musik, podcast dan radio internet di radio kita. Selain itu perangkat ini juga bisa berganti warna thema sesuai yang kita inginkan.

C.    Jet Audio
Software jenis ini tidak hanya berguna untuk mendengarkan musik maupun memutar video saja, melainkan dapat digunakan untuk buat CD burning, rekaman, dan konversi format file. Dengan beberapa penambahan fitur di perangkat ini pengguna dapat memindahkan format video maupun musik dalam bentuk CD, Sehingga dapat diputar ke berbagai media lainnya.

D.    Real Player
RealPlayer merupakan salah satu software yang digunakan untuk memainkan streaming audio dan video melalui internet secara real-time. RealPlayer merupakan salah satu aplikasi all-in-one yang dapat memutar beragam digital media, beberapa fitur utama RealPlayer adalah radio online yang dapat didengar kurang lebih dari 5.200 stasiun musik di seluruh dunia. Aplikasi ini mendukung hampir seluruh format media utama, meliputi QuickTime MPEG-4, Windows Media, dan DVD. Selain itu tersedia juga fitur turbo play yang dapat meningkatkan proses streaming sehingga mempercepat loading klip video.


2. Audio/Video Editor
          Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:

A.    Adobe Premiere Pro
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.Adobe premiere pro merupakan salah satu software editing video yang sangat popular dan sudah diakui kecanggihannya. Mulai dari fasilitas dan kemampuan buat mengolah video, dan juga memberi kemudahan untuk penggunanya terutama buat pekerjaan di bidang editor video. Contohnya seperti versi adobe premiere pro CS3 yang biasanya dipake buat ngedit film atau movie ternyata kita juga dapat menggunakanya untuk desain iklan digital untuk dunia periklanan audio visual. Tentunya dengan system pengolahan dan daya kreativitas yang tinggi dalam pembuatan karya seni berbentuk desain iklan digital dan dengan animasi animasi indah dan eksklusif.

B.     Windows Movie Maker
Bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp. Softrware ini merupakan bawaan dari Microsoft windows dan diberikan secara gratis. Kita dapat menggunakan Windows Movie Maker untuk mengcapture audio dan video dari camera video, web camera atau dari sumber video lainnya, lalu kemudian mengedit hasil capture tersebut menjadi sebuah movie. Selain itu kita dapat melakukan import audio, video maupun gambar ke dalam Windows Movie Maker untuk dipakai bersama movie yang dibuat. Dalam proses edit audio dan video menggunakan Windows Movie Maker Anda dapat pula menambahkan title, transisi dan efek visual sesuai dengan keinginan, untuk kemudian menyimpan hasil final berupa movie ke dalam berbagai format video.

C.    Pinnacle Studio
Pinnacle Studio adalah non-linear video editing software aplikasi yang diproduksi oleh Sistem pinnacle, sebuah divisi dari Avid Technology. Ini merupakan konsumen tingkat banding ke puncak dari mantan profesional tingkat perangkat lunak, Liquid Edition (sekarang Avid Liquid). Ia juga inherits dari VOB Computersysteme’s Instant CD / DVD. Studio memungkinkan pengguna untuk penulis konten video, membuat VCD / DVD dengan menu dan membakar mereka tanpa perlu software tambahan. Pinnacle merupakan salah satu ikon utama didalam dunia video editing profesional, khususnya real-time 3D maupun non-linier editing environment. Salah satu produk Pinnacle yang cukup dikenal adalah Pinnacle Studio dimana versi barunya adalah Pinnacle 12.

3. Graphis/Image Viewer

            Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah


A.    ACDSee
Bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems. Acdsee merupakan salah satu software image no. 1 di dunia, merupakan aplikasi yang komprehensif. Sangat ideal untuk mengorganisasi, melihat, meningkatkan, koleksi photo kita. Tersedia 100 file format untuk memasukan jenis gambar apa aja, dan bisa juga mengedit gambar dengan fitur tools editing.

B.     Graphic/Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:

1.      Adobe Photoshop
Adobe Photoshop merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems. aplikasi yang satu ini selain bisa buat mengedit foto bisa juga menambahkan efek gambar. Misalnya gambar asli pemandangan bisa pakai efek jadi gambar lukisan, atau gambar 2 objek yang berbeda tempat jadi ada pada satu tempat. Perangkat jenis ini sangat cocok untuk memanipulasi gambar / foto.

2.      Corel draw
Corel draw merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.  Aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang bisa dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visual. Walaupun Cuma berbasis vector bukan berarti kalah kualits hasil dengan yang berbasis bitmap atau raster. Pada aplikasi ini yang bisa diandalkan yaitu antara lain mengkolaborasikan teks dengan gambar dengan mudah.



3.      Microsoft Paint
Windows menyediakan fasilitas pengolahan gambar yang tersedia pada group Accessories. Fasilitas ini menyediakan sarana menggambar cukup lengkap, seperti membuat garis lurus, melengkung, lingkaran, memberi warna, dan pengeditan teks, serta proses pencetakannya. Paint atau lebih dikenal dengan nama sebelumnya pada Winerdahulu sebagai Paintbrush adalah program graphic painting sederhana yang terintegrasi dengan hampir seluruh versi Microsoft Windows, sejak perilisan pertamanya. Sering dirujuk sebagai MS Paint atau Microsoft Paint. Program ini dapat membuka dan menyimpan gambar dalam berbagai format, yaitu BMP, JPEG, GIF, PNG, dan TIFF.

4.Animasi
          Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:

A.    Macromedia Flash
Macromedia Flash merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.
Macromedia flash merupakan standar professional yang digunakan untuk membuat animasi di web flash diawali sebagai software membuat animasi sel bernama future flash. Dengan perangkat ini memungkinkan kita untuk membuat animasi dengan ukuran kecil untuk didistribusikan melalui internet. Didalamnya ada fungsi action scripting yang dirancang menggunakan sintaks javascript. Keuntungan dari fungsi actionscript itu sendiri adalah :
1.      Ukuran bytes movie lebih kecil.
2.      Tingkat akurasi animasi lebih tinggi, terutama untuk animasi yang berulan(loop).
3.      Mudah untuk direvisi, misalnya untuk mengatur kecepatan cukup dengan merubah variabelnya.

B.     Houdini

Houdini adalah high-end 3D animasi paket yang dikembangkan oleh Software Efek Samping. Hal ini sering lebih disukai dibandingkan dengan paket yang bersaing, seperti Maya atau XSI, untuk tugas-tugas murni efek visual, sebagai lawan karakter animasi. Namun, dalam versi yang lebih baru alat animasi telah jauh lebih baik dan telah digunakan dalam produksi animasi berbagai fitur. Houdini adalah high-end yang paling mahal paket komputer grafis 3D tersedia saat ini dengan tag harga 17000 dolar.



5. Grafik 3D
            Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:

A.    3D Studio Max
3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment. 3ds max merupakan sebuah software grafik vector 3D dan animasi, kemampuanya yang serba bisa dan arsitektur plugin yang banyak membuat software ini menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan. Untuk para penggemar era 3D yang dihasilkan komputer bisa mencoba software yang satu ini.

B.     Silo 3D Modelling
Silo 3D Modelling adalah aplikasi pemodelan 3D terfokus dengan kemampuan untuk dengan mudah beralih antara organik model patung tinggi poligon dan tepat mengendalikan keras bermata permukaan. Hal ini dapat digunakan untuk apa saja dari menciptakan karakter 3D untuk permainan video dan film dengan cepat mengeksplorasi ide-ide arsitektur 3D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar